Jumat, 04 November 2011

Skema Relay Koil & Relay Stater

Namanya juga mobil udah berumur yah pastinya banyak part yang udah lawas yang menyebabkan kelistrikan jadi kurang sempurna, salah satunya adalah kabel. Kondisi kabel yang sudah berumur dan terkena hawa panas terus menerusdi ruang mesin tentu menyebabkan performanya menurun dan menyebabkan arus yang mengalir jadi kurang sip.

Contoh kasus apabila koil sudah mulai bermasalah atau lemah akibat input strum yang kurang karena masalah kabel yang sudah berumur atau masalah lainnya yg menyebabkan input arus yang masuk ke koil menjadi turun, solusi alternatif dan murah meriahnya yaitu dengan memasang relay di plusnya koil / relay koil.

Selain itu ada tips satu lagi yaitu memasang relay stater, yang fungsi dari penambahan relay ini adalah untuk menambah strum di stater dan juga sekaligus mengawetkan kunci stater. Pada sistem kelistrikan bawaan pabrik, beban stater diterima oleh kunci kontak, dan pada beberapa kasus akibat beban besar yang diterima kunci kontak dapat membuat kunci kontak hangus / tidak awet akibat di stater berulang kali.

Dengan penambahan relay stater ini maka beban arus pada kunci kontak diambil alih oleh stater, dan fungsi konci kontak hanya sebagai trigger relay aja, dan arusnya kecil sekali.

Perhatian: Harap diperhatikan dalam hal instalasi agar mempergunakan kabel yang sesuai dan baik serta terminal yang bagus pula dan selalu gunakan selongsong bakar.
Selain itu, harap diperhatikan sistem perkabelannya agar apabila relay bermasalah di kemudian hari mudah untuk dibalikan ke normal lagi.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar